Manfaat Buncis: Kacang Buncis Untuk Kesehatan

Diposting oleh Juvida Ellena on Selasa, 25 September 2012

Batik Murah

Kacang Buncis merupakan tanaman yang termasuk dalam familia papilionaceae. Buncis sudah tidak asing lagi bagi kita karena sudah sering digunakan sebagai bahan untuk membuat sayur sop atau masakan lainnya. Tanaman sayuran ini merupakan tanaman sejenis polong-polongan atau kacang-kacangan yang dapat kita konsumsi. Manfaat buncis untuk kesehatan sangat beragam yang bisa anda ketahui. Pada bagian tanaman ini yang biasa dimanfaatkan orang untuk di buat sayuran, antara lain bijinya, buahnya dan daunnya.

Tanaman kacang buncis ini berasal dari negara Amerika. Pembudidayaan tanaman ini sangat mudah untuk kita lakukan. Dengan memanfaatkan bijinya yang sudah kering kita bisa menanamnya di pekarangan rumah. Ada berbagai macam jenis buncis yang bisa anda ketahui seperti halnya buncis coklat dan putih, buncis spercie dan snijbonen serta buncis perluru dan kievitsbonen. 
Manfaat Sayur Buncis
Manfaat buncis tidak kalah dengan manfaat sayur lainnya. Selain rasanya enak untuk di buat masakan buncis ini bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh anda, di antaranya bisa mengobati tukak lambung, berkhasiat mencegah kanker usus besar dan mampu memperkecil resiko terserang kanker ganas. Selain itu, khasiat buncis juga berfungsi untuk meluruhkan kencing dan mengeluarkan kotoran. Buncis juga mampu melancarkan sistem pencernaan dan bisa mencegah terjadinya konstipasi. Dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau ini kekebalan tubuh anda bisa terstimulasi secara alami.

Dengan kandungan  zat b-sitosterol dan stigmasterol yang mampu meningkatkan produksi insulin. Insulin sendiri adalah hormon yang dihasilkan secara alamiah oleh pankreas dan berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Apabila pankreas hanya mampu menghasilkan sedikit insulin (atau tidak sama sekali) maka seseorang akan mudah terkena penyakit diabetes mellitus. Dengan demikian, mengkonsumsi buncis secara baik kita akan terhindar dari penyakit kencing manis.

Pada biji buncis terdapat kandungan senyawa Phytohemagglutinin yang mampu meningkatkan sintesis DNA dan RNA. Manfaat buncis untuk ibu menyusi juga sangat bagus bisa melancarkan asi dan mencegah serta menurunkan tingkat pengapuran pada manusia.

Itulah menu sehat tentang manfaat buncis yang bisa saya infokan untuk anda. Jagalah kesehatan anda dengan banyak mengkonsumsi sayur seperti buncis ini. Hidup sehat itu tanpa ada ketergantungan pada obat-obatan yang bisa membahayakan tubuh kita. Selamat membaca tips kecantikan lainnya dan semoga bermanfaat.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 15.16