Penyakit Batu Ginjal

Diposting oleh Juvida Ellena on Selasa, 07 Agustus 2012

Batik Murah
Penyakit batu ginjal merupakan penyakit dari gabungan antara batu ginjal dan dan saluran kemih yang membentuk kristal-kristal yang saling tarik menarik antara kristal yang satu dengan yang lainnya dalam keadaan tertentu sehingga membentuk inti batu pada ginjal. Batu ginjal bisa menyerang kesehatan tubuh siapa saja dan tidak memandang usia. Anak kecil pun bisa terserang penyakit batu ginjal ini. Itulah sebabnya kita perlu mempelajari tips sehat dan cantik alami yang ada di blog ini.
Batu Ginjal Bisa Menyerang Semua Orang

Kekurangan asupan cairan dalam tubuh merupakan gejala utama yang bisa menyebabkan kita terserang penyakit batu ginjal. Penyakit batu ginjal bisa terjadi secara cepat atau lambat jika kita tidak memperhatikan pola hidup sehat tubuh kita. Banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung protein, kalsium, oksalat dan terlalu banyak duduk dalam kerjaannya serta kurang dalam beraktifitas adalah salah satu faktor pemicu terjadinya penyakit batu ginjal.

Ginjal mempunyai fungsi utama untuk menyaring darah dan membuang sampah yang dihasilkan oleh metabolisme tubuh dalam bentuk air seni, jika ginjal sudah terserang penyakit biasanya keluhan yang sering kita jumpai seperti halnya nyeri pada saluran kemih, pendarahan, penyumbatan aliran kemih, dan bisa menimbulkan terjadinya infeksi. Seseorang yang mengalami kekurangan asupan cairan dalam tubuh, aktifitas berat tanpa adanya asupan cairan yang cukup dalam tubuh bisa menyebabkan ginjal bereaksi dengan menahan sebanyak mungkin cairan dan elektrolit dalam tubuh sehingga jumlah air seni yang dikeluarkan sedikit dan terjadi perubahan warna yang semakin pekat.

Sebagian besar terjadinya penyakit batu ginjal dalam saluran kemih ini dikarenakan kalsium yang berlebihan. Dalam membentuk batu dalam ginjal, kalsium yang ada dalam tubuh kita tidak bisa berdiri sendiri melainkan berikatan dengan bahan lainnya seperti halnya oksalat. Cara mengatasi batu ginjal bisa dilakukan secara alami seperti halnya batu empedu. Jika batu tersebut ukurannya kecil dan bisa keluar lewat eksresi, dan jika batu yang ada dalam saluran kemih ini membesar secara otomatis tidak bisa dikeluarkan secara alami dan itu harus menempuh jalan operasi agar batu ginjal bisa keluar.

Penyakit batu ginjal bisa dicegah jika kita sering minum air putih kira-kira sebanyak 8-10 gelas perhari, usahakan banyak mengkonsumsi putih telur, kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung oksalat seperti halnya sayur bayam, kembang kol, kangkung dan cokelat. Anda bisa juga melakukan diet rendah kalsium dangan mengurangi mengkonsumsi susu, telur. Perbanyak makan buah yang banyak mengandung air seperti halnya buah semangka, mentimun dan lainnya. Kurangi mengkonsumsi daging, dan perhatikan kesehatan gigi kita.

Menjaga kesehatan itu sangat penting untuk kita lakukan. Jangan merasa kita sudah sehat dan tidak memperdulikan kondisi tubuh kita. Tips kesehatan ini penting karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Itulah info tentang penyakit batu ginjal yang bisa saya bagikan untuk anda. Semoga memberi manfaat bagi hidup sehat dan cantik alami.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 10.30

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar