Penyakit Batu Empedu

Diposting oleh Juvida Ellena on Sabtu, 04 Agustus 2012

Batik Murah
Datangnya penyakit pada tubuh manusia tidak ada yang bisa mengetahui kecuali penciptaNya. Bermacam penyakit bisa mendatangi tubuh kita, termasuk penyakit batu empedu. Batu empedu merupakan penyakit yang menyerang pada saluran empedu. Penyakit ini umumnya bisa menyerang pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas, mempunyai badan terlalu gemuk/obesitas, dan banyak dialami oleh wanita serta bisa juga karena faktor keturunan.

Jenis penyakit batu empedu terdiri dari tiga bagian yaitu batu kolesterol, batu pigmen dan batu campuran. Batu kolesterol yaitu jenis batu empedu yang berasal dari kolesterol. Batu kolestrol ini memiliki ukuran yang cukup besar yang berdiameter 1,25 cm. Bahaya batu kolesterol bisa menyerang dalam empedu yang akan menghambat salurannya. Sedangkan batu pigmen merupakan jenis batu empedu yang terdiri dari pigmen empedu. Ukuran batu pigmen yang menyerang pada empedu ini keci-kecil akan tetapi jumlahnya sangat banyak. Jenis penyakit empedu yang ketiga yaitu batu campuran. Penyebab penyakit batu campuran karena adanya campuran kolesterol dengan pigmen empedu yang berasal dari pemecahan lemak.

Secara umum jenis penyakit batu empedu yang sering menyerang tubuh manusia yaitu batu campuran. Dalam batu campuran ini perkembangan batu dalam empedu secara bersamaan dalam ukuran batunya yang kecil. Datangnya suatu penyakit dalam tubuh kita seringkali kita rasakan gejalanya, tapi dalam beberapa kasus penyakit batu empedu ini tidak menimbulkan gejala yang bisa kita rasakan. Kecuali, penyumbatan terjadi dalam empedu dan itu bisa menimbulkan gejala seperti halnya nyeri hebat di perut bagian kanan atas, yang mungkin menyebar hingga ke tulang belikat, bahu dan dada. Rasa sakit biasanya disertai mual dan muntah, gejala penyakit tersebut bisa disebut dengan kolik bilier/kolik empedu.

Batu empedu bisa meningkatkan resiko infeksi, gejala yang bisa terjadi seperti penyakit kuning dan demam tinggi menyerang. Penyakit kuning bisa terjadi karena adanya sumbatan batu kronis empedu, gejala penyakit kuning bisa dilihat dari perubahan putih mata menjadi kekuningan, sakit pada bagian kulit tubuh dan sakit perut. Warna air seni dan tinja berubah warna menjadi kecoklatan, nyeri pada bagian perut, mual, sendawa. Biasanya gejala tersebut bisa terjadi setelah mengkonsumsi lemak, dan sayuran tertentu seperti halnya sayur bayam dan kubis, telur dan coklat.

Cara mengatasi penyakit batu empedu memerlukan kesabaran dan kemauan untuk sembuh. Jika anda sudah terserang penyakit ini, pola hidup sehat harus dilakukan untuk mengurangi terjadinya batu empedu yang semakin berbahaya yaitu anda harus menghindari makanan yang berlemak, karena makanan yang mengandung banyak lemak ini bisa menimbulkan kolesterol. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Kolesterol juga merupakan gejala yang menyebabkan timbulnya batu empedu, hal tersebut bisa terjadi karena terlalu banyak kolesterol cair yang ada dalam tubuh bisa menjadi jenuh dan hal itu memungkinkan kolesterol menggumpal dan menjadi batu empedu.

Selain menghindari makanan yang berlemak tips mengurangi batu empedu yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara mengurangi berat badan. Jika anda mempunyai berat badan berlebih, cobalah anda berusaha menguranginya secara bertahap. Hindari mengudap sebelum tidur karena hal tersebut tidak baik untuk anda yang terserang batu empedu tersebut. Mengudap sebelum tidur bisa menaikkan garam empedu dalam empedu dan ini sangat singkron terhadap timbulnya batu empedu dan bisa penyakit yang diderita anda semakin parah.

Selain itu, tips untuk mengurangi batu empedu ini anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan dan sering minum kopi. Menurut penelitian, minum kopi bisa mengurangi resiko mengembangnya batu dalam empedu.

Itulah tips sehat tentang penyakit batu empedu yang bisa saya bisa infokan untuk anda. Jagalah kesehatan anda agar selalu sehat dan cantik alami. Pepatah barat bilang healthy better than wealthy yang artinya sehat lebih baik dari kekayaan. Pandai-pandailah anda menjaganya, agar penyakit yang akan menyerang bisa kita hindari. Semoga bermanfaat
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 12.54

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar