Manfaat Bawang Merah

Diposting oleh Juvida Ellena on Jumat, 22 Juni 2012

Batik Murah
Tanaman Bawang Merah
Bawang merah merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan. Tanaman ini sudah tidak asing lagi untuk kita kenali. Manfaat bawang merah selain dijadikan sebagai bumbu masakan ternyata memiliki nilai lebih untuk dijadikan obat.  Hal tersebut dikarenakan kandungan yang terdapat dalam bawang merah mampu menjaga kesehatan tubuh kita dari penyakit.

Budidaya bawang merah sangat besar di Indonesia, tanaman ini berasal dari Asia tengah dan Asia Tenggara. Selain umbinya yang dimanfaatkan daun dan bunganya-pun bisa digunakan sebagai penyedap masakan.

Bawang merah banyak mengandung vitamin c, kalium, serat, dan asam folat. selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat bezi serta mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Khasiat bawang merah sebagai obat tradisional, dan dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

Manfaat bawang merah selain yang disebutkan diatas, ternyata masih banyak khasiat lainnya untuk mencegah dan mengobati penyakit yang menyeranag pada tubuh kita. Tanaman ini dimanfaatkan sebagai bahan obat penangkal TBC. Hal tersebut dikarenakan bawang merah mempunyai kandungan zat yang bisa membunuh amuba disentri, microba diphtheria dan microba TBC. Selain itu, bawang merah berkhasiat sebagai obat diabetes mellitus karena kandungan tolbutamide yang berfungsi untuk mengatur pelepasan insulin, mencegah perusakan oleh insulin mempengaruhi metabolisme gula dalam hati dan menurunkan kadar gula dalam darah.

Bawang merah juga berfungsi untuk mencegah radang dan membunuh bakteri. Air bawang merah merupakan obat antibiotik yang bisa membunuh bakteri dan mencegah radang. Air bawang merah juga berfungsi untuk menghindari infeksi pada luka dikulit, jika anda mempunyai luka dikulit oleskan saja air perasan bawang pada luka karena hal tersebut bisa menghindarkan luka dari infeksi.

Bawang merah juga bisa digunakan sebagai obat cacing, hal ini sangat bagus untuk dilakukan pada anak-anak. Caranya sangat mudah untuk dilakukan, ambil bawang merah sebanyak empat buah kemudian potong kecil-kecil kemudian seduh dengan segelas air sisakan sampai setengah gelas lalu simpan selama semalam, hasil dari itu bisa diberikan pada anak anda yang terkena cacingan. Lakukan hal tersebut sampai anak anda sembuh dari penyakit cacingan.

Tanaman ini juga berkhasiat untuk mengencerkan batuk dahak, caranya sangat mudah untuk dilakukan. Ambil emapat biji bawang merah kemudian haluskan lalu oleskan pada tenggorokan dan dada anda. Bukan hanya untuk mengencerkan dahak saja tapi juga bisa mengobati radang paru-paru anda. jika anda terjauhi dari penggumpalan darah maka sering-seringlah mengkonsumsi bawang merah secara mentah, dengan cara dibuat lalapan atau sambal. Banyak lagi dari manfaat bawang merah tersebut yaitu bisa mengobati sakit kepala, menurunkan demam pada anak, mengobati perut kembung pada anak, melancarkan BAB, mengobati asma, sebagai pengganti amoniak, sebagai pencegah rambut rontok.

Itulah tips cantik untuk anda tentang manfaat bawang merah. Selain digunakan sebagai pengharum serta penyedap masakan bawang merah juga berfungsi untuk mengobati bebbagai penyakit yang menyerang pada tubuh kita. Semoga bermanfaat.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 10.45

{ 2 komentar... read them below or add one }

Ashabulkanusan mengatakan...

Bagaemana cara menyembuhkan asma
bawang merah harus di apain dulu
trimakasih infonya

Tips Kecantikan mengatakan...

@Ashabulkanusan, caranya ambil bawang merah sebanyak 2 butir, dikupas dan dicuci sampai bersih kemudian langsung dimakan selagi segar. lakukan cara tersebut secara rutin, insyaAllah asma anda cepat teratasi.

Posting Komentar