Cara Membuat Tumis Cumi

Diposting oleh Juvida Ellena on Sabtu, 23 Juni 2012

Batik Murah
Masakan Tumis
Tumis cumi merupakan makanan yang bisa membuat selera makan anda bertambah. Cara membuat tumis cumi sangat mudah dan tidak memerlukan pemikiran rumit untuk mempraktekannya. Resep masakan kali ini berbahan utama cumi-cumi, dimana cumi adalah sejenis ikan laut yang rasanya empuk dan nikmat untuk dibuat sebuah masakan.

Dibawah ini akan saya berikan resep cara membuat tumis cumi, bahan dan caranya sangat mudah untuk kita jadikan panduan dalam memasak didapur. Mungkin anda bosan dengan menu yang begitu-begitu saja di meja makan, mulailah membuat menu masakan yang istimewa dengan resep dibawah ini.

Bahan untuk membuat tumis cumi:

  1. 1 kg cumi segar
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 buah bawang bombay
  4. Gula merah
  5. Garam
  6. Merica
  7. Jahe
  8. Cuka
  9. 3 buah bawang merah
  10. 1 buah tomat
  11. Kecap manis
  12. Minyak goreng
  13. 1buah jeruk nipis
  14. 2 buah cabe merah

Cara membuat tumis cumi :

Langakah pertama untuk membuat tumis cumi yaitu bersihkan cumi sampai tinta hitam pada cumi bersih dan buang tulang halusnya yang menempel pada punggung cumi tersebut. di potong cumi sesuai dengan selera anda.

Setelah cumi dipotong dan bersih, siapkan air dalam mangkok ukuran sedang kemudian isi air kira-kira segelas kecil air. Lalu beri perasan air jeruk nipis dan rendam cumi tersebut sambil lalu mempersiapkan bahan lainnya.

Langkah yang ketiga yaitu, menyiapkan bumbu yang mau digoreng. Ambil bawang putih, bawang merah, garam, jahe ukuran 1cm, lalu haluskan. Setelah itu ambil bawang bombay di iris tipis, ambil tomat lalu potong-potong sesuai selera anda. iris cabe merah sesuai selera anda.

Setelah itu, panaskan minyak goreng untuk menggoreng cumi. Setelah minyak goreng panas, gorenglah potongan cumi sampai matang dan terasa empuk. Kemudian angkat dan tiriskan hasil gorengan tersebut.

Langkah terakhir, goreng bawang bombay sampai baunya keluar dan masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Digoreng sampai kuning dan baunya harum, setelah itu masukkan potongan tomat kedalam bumbu yang digoreng tersebut, masukkan gula merah. Aduk sampai tomat layu, kemudian masukkan gorengan cumi aduk sampai bumbunya merata lalu beri setengah sendok cuka, beri dua sendok makan kecap manis, masukkan merica. Aduk kembali tumisan cumi tersebut sampai merata dan bumbunya meresap kedalam cumi. Setelah masak angkat cumi dan hidangkan, anda bisa memberi hiasan untuk  tumisan cumi tersebut agar menarik selera makan anda.

Itulah tips cantik tentang cara membuat tumis cumi, mudah dan asyik bukan cara membuatnya??? Pasti dong deh. Selamat mencoba.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 16.02

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar