Cara Membuat Sayur Asem

Diposting oleh Juvida Ellena on Sabtu, 16 Juni 2012

Batik Murah
Sayur Asem
Cara membuat sayur asem sangat mudah untuk kita praktekan. Sayur asem merupakan sayur yang bisa dibuat dengan bermacam sayur yang masih segar. Resep membuat sayur ini tidak memerlukan pemikiran panjang dan bahannyapun mudah untuk kita dapatkan.

Manfaat sayur asem untuk anda yang lagi diet sangat bagus. Karena sayur yang terdapat dalam masakan ini tidak mengandung banyak karbohidrat dan lemak yang berlebih. Dibawah ini adalah langkah-langkah cara membuat sayur asem dari mulai bahan sampai cara membuatnya.

Bahan untuk membuat sayur asem :
  1. 2bh labu siam
  2. 1 ikat kacang panjang
  3. 1 piring daun melinjo
  4. 1 mangkok kecil buah melinjo
  5. 300 gr daging tetelan
  6. 2bh jagung muda
  7. 1bh tomat
  8. Belimbing wuluh
  9. 2cm lengkuas

Bumbu yang dihaluskan :
  1. 5 siung bawang putih
  2. 8 butir bawang merah
  3. 3 bh cabe merah
  4. ½ sdm asam jawa (sesuai selera anda)
  5. 2 sdt gula merah
  6. 1 sdt terasi
  7. garam
  8. 4 btr kemiri
Cara membuat sayur asem:
Langkah pertama yang bisa anda lakukan saat membuat sayur asem yaitu merebus daging sampai empuk, setalah daging empuk langsung masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi kedalam air rebusan daging tetelan tadi. Potong jagung dan kacang panjang  sesuai ukuran yang anda inginkan.

Masukkan kacang panjang terlebih dahulu tunggu sampai kacang panjang mulai matang lalu masukkan jagung muda. Setelah itu masukkan kacang tanah, daun melinjo dan biji melinjo serta labu siam kedalamnya. Tunggu sampai sayur yang dimasukkan matang, sambil aduk sedikit demi sedikit kemudian masukkan asam jawa dan gula merah, asam jawa juga bisa diganti dengan belimbing wuluh yang sudah ada, beri sedikit penyedap rasa. Kemudian aduk kembali sampai aromanya keluar, sesudah semua selesai angkat dan siapkan kedalam mangkok ukuran sedang.

Itulah tips cantik untuk cara membuat sayur asem, mudah bukan cara membuatnya? mudah donk deh. Untuk menambah selera makan, siapkan sayur asem tersebut selagi hangat. Beri hiasan sesuai selera anda, selamat  mencoba dan selamat menikmati.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 08.27

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar