Mengenal Sistem Reproduksi pada Manusia

Diposting oleh Juvida Ellena on Jumat, 15 Juni 2012

Batik Murah
Sistem reproduksi adalah suatu alat atau rangkaian yang berkembang biak dalam setiap makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan baru. Semua makhluk hidup di muka bumi memiliki sistem reproduksi untuk mempertahankan generasi mereka baik manusia, hewan dan tumbuhan. Reproduksi ini pada umumnya dihasilkan oleh dua organisme yaitu jantan dan betina.

Sisem reproduksi pada manusia terdiri dari pria dan wanita. Reproduksi pada pria meliputi testis terbungkus dalam kantong yang disebut skrotum, yang berfungsi menghasilkan sperma. Epididimis yaitu saluran panjang dalam skrotum, vasa eferentia dan deferens.

Sedangkan sistem reproduksi pada wanita meliputi ovarium yang memiliki fungsi menghasilkan sel telur, ovarium terdiri dari hormon estrogen dan progesteron. Selain itu ada saluran telur, uterus atau rahim, organ kelamin luar dan vagina. Semua sistem reproduksi terdiri dari beberapa kelenjar tambahan yang saling berhubungan untuk ketercapaian hasil reproduksi.

Sistem reproduksi akan aktif setelah menginjak masa puber hingga orang tersebut masih sehat dan mampu memberikan keturunan. Namun pada usia tua biasanya sistem reproduksi akan mulai mengendur dan lemah sehingga sulit menghasilkan keturunan.

Proses pembuahan pada manusia diantaranya adanya proses peleburan bertemunya sel sperma dan telur betina yang sudah matang atau siap dibuahi yang menghasilkan zigot. Setelah mencapai usia kehamilan sembilan bulan atau lebih baru pembuahan tadi siap dilahirkan. Semua makhluk hidup menghasilkan keturunan melalui pembuahan hanya saja sistem pembuahan dari setiap makhluk hidup ini tidak sama.

Cantik alami dan sehat jasmani dan rohani merupakan dambaan semua orang. Seperti halnya sistem reproduksi, rsproduksi akan berkembang dengan baik bila kita selalu menjaga kesuburannya, misalnya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menjalankan pola hidup sehat dalam keseharian kita. Mudah-mudahan bermanfaat.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 08.39

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar