Cara Menghilangkan Stress

Diposting oleh Juvida Ellena on Jumat, 20 Januari 2012

Batik Murah

Cara Menghilangkan STress | Mengatasi Stress BerPikirlah PositiF. Anda stress??? Jangan berpikir yang berlebihan. Menghilangkan stress itu mudah bergantung diri kita sendiri. Stress merupakan keadaan pikiran kita sangat penat, merasa terbebani, dan perasaan yang tidak karuhan. Stress adalah gejala yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita.  Anak kecil sampai orang dewasa pun bisa mengalami stress. Hanya saja pada anak-anak tidak sesering orang dewasa yang biasanya sering mengalaminya. Pusing terlalu banyak pekerjaan dan masalah yang terjadi, baik pribadi maupun dengan lingkungan seringkali bisa menimbulkan stress.

Di bawah ini ada beberapa tips sehat untuk mengatasi stress yang mungkin sering anda alami:

1. Berpikir Positif
Berpikir positif merupakan cara menghilangkan stress paling manjur. Karena stress umumnya bersumber dari pikiran kita maka cara terbaik mengatasi stress harus dimulai dari pikirankita. Berpikirlah sehat dan selalu optimis, hal ini dapat menangkal dampak negatif stress, kegelisahan saat mengalami suatu masalah pikiran kita akan tegang dan selalu merasa cemas, hal itu akan mengganggu sistem kekebalan tubuh anda dan kesejahteraan hidup anda. Jika pikiran tidak karuan berusahalah untuk menenangkannya dan sering-seringlah anda untuk mengelilingi diri dengan orang-orang positif.

2. Olahraga
Olahraga merupakan pengolahan tubuh agar tetap terjaga kesehatannya, dengan selalu ber olahraga tubuh anda akan terasa rileks dan pikiran akan tenang. Menggerakkan otot yang ada pada tubuh akan merevitalisasi pikiran sehingga anda siap untuk menghadapi apa pun. Aktivitas fisik yang anda lakukan berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh, sistem kardiovaskular, jantung, otot dan tulang, dan juga membantu dalam manajemen stress dengan menyediakan gangguan dari situasi stress dan meningkatkan endorfin.

3. Tidur
Tidur merupakan aktivitas yang bisa dibilang efektif. Mengatasi stress dengan cara tidur sangatlah efesien dan membantu pikiran kita untuk mendapatkan ketenangan kembali dan siap untuk berpikir kembali. Tidur yang kita lakukan saat pikiran kita tidak tenang sangatlah berpengaruh untuk kekebalan dan ketahanan tubuh dan pikiran kita terhadap penyakit untuk bisa bangkit dan bisa mengatasinya kembali. Jika kadar tidur anda berlebihan ini bisa meningkatkan tingkat stres dalam tubuh anda. Bangun tidur jangan sampai kesiangan karena hal tersebut akan membuat tubuh dan pikiran anda bertambah lesu dan tidak baik untuk kesehatan.

4. Libatkan indera Anda
Menghilangkan stres yang melanda pada fikiran kita dengan cara berelaksasi bisa membuat fikiran kita menjadi tenang kembali. Anda juga bisa menggunakan aroma tertentu yang bisa ber efek baik untuk pikiran, dan bisa menenangkan keadaan pikiran anda.

5. Tertawa
Pada saat anda mengalami stress janganlah terlalu dibawa tegang cobalah anda mencari hiburan yang bisa membuat anda tertawa. Tawa luka stress dan mempromosikan relaksasi. Itu dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh anda berfungsi lebih baik.

6. Meditasi
Menghilangkan stres dengan cara meditasi sangatlah bagus dan kegiatan ini bukan untuk menghilangkan stres saja, tetapi juga untuk relaksasi otot dan dengan meditasi pula tekanan darah tinggi bisa menurun.
Mulailah dari sekarang untuk memanggil energi positif, cukup hanya mengambil nafas panjang dan mengosongkan pikiran anda. Cobalah anda lakukan setiap hari meditasi selama 10 menit saja dan rasakan manfaatnya.

7. Minumlah teh hijau
Mengatasi stress bisa dilakukan dangan cara minum teh hijau, karena minuman ini mengandung asam amino, Theanine, yang membantu dalam produksi tubuh dan pikiran anda serta membantu pelepasan bahan kimia dalam tubuh disebut juga dengan Dopamin. Dopamin dan Theanine merangsang perasaan kesejahteraan di dalam tubuh. tetapi, kafein juga bisa memperburuk respon stress, jadi hindari minuman berkafein karena bisa meningkatkan stress.

8. Mendengarkan Musik
Mendegarkan musik saat pikiran penat dan jenuh bisa menjadi tenang dan rileks. Saat  anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas atau bersiap untuk hari yang berat di tempat kerja, mendengarkan musik favorit Anda merupakan metode yang bagus untuk mengurangi stress dan menghilangkan kecemasan.
Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernapasan dan detak jantung.

9. Pijat
Dengan pijat, stress yang mengganggu pikiran kita akan terasa hilang. Pijat seluruh tubuh membantu untuk melepaskan ketegangan dan rasa sakit karena otot tegang. Jika Anda tidak pernah pijat, cobalah sekali-sekali pijat. Anda akan merasakan nikmatnya, apalagi dipijat istri atau suami. Pijat diyakini dapat dijadikan cara menghilangkan stress karena akan terjadi relaksasi otot-otot yang tegang.  

10. Selalu Bersyukur
Orang yang mengalami stress bisa mengatasinya dengan cara bersyukur kepada sang Pencipta karena cara ini yang paling ampuh dalam mengatasi stress.  karena pada umumnya orang yang mengalami stress berat dan tidak kuat untuk menghadapinya  dengan apa yang telah terjadi yang telah menimpa kehidupan anda. Dengan selalu bersyukur kita akan senantiasa ingat bahwa segala sesuatu yang terjadi merupakan pemberian Allah SWT. Hal itu harus kita terima dan kita kerjakan dengan rasa ikhlas dan tidak merasa terbebani. Jadi, kalau ingin menghilangkan stress,  pandai-pandailah mensyukuri pemberianNya, baik buruknya itu kita kembalikan kepadaNya.
.                                                                                                                      

Semoga artikel Cara Menghilangkan Stress ini bermanfaat bagi anda. Selamat tinggal stress dan selamat mencoba.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 13.16

{ 1 komentar... read them below or add one }

Efektif Hilangkan Stress mengatakan...

Tidak semua tip menghilangkan stres cocok untuk semua individu, karena stress juga dipicu oleh berbagai macam jenis, namun saya yakin sebahagian tip diatas cocok untuk menghilangkan stres...
Salam Sukses Terus...

Posting Komentar