Cara Mengatasi Keputihan

Diposting oleh Juvida Ellena on Sabtu, 21 Januari 2012

Batik Murah

Cara mengatasi keputihan bagi kaum wanita seringkali bikin pusing. Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita. Sebagian wanita sering mengeluh karena keputihan yang sangat mengganggu aktivitas. Keputihan juga dapat mengganggu kesehatan terutama pada bagian organ intim kewanitaan. Mengatasi keputihan pada wanita sangatlah penting dilakukan untuk menghindari penyakit yang akan timbul di organ intim. Karena dengan mengatasi keputihan berarti kehidupan seks sehat akan didapat.

Keputihan yang terjadi pada wanita ini dapat diatasi dengan cara alami tanpa efek samping yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit lain dan bisa membuat organ intim kita infeksi. Semua wanita tentu menginginkan masalah keputihan terpecahkan dan bisa mengetahui apa saja penyebabnya. Keputihan merupakan suatu cairan yang keluar dari vagina secara berlebihan. Cairan yang keluar dari vagina wanita tersebut dapat bersifat normal atau tidak normal. Hal tersebut karena adanya gangguan oleh penyakit-penyakit tertentu yang bisa menyebabkan peradangan.

Cara mengatasi keputihan memang tidak gampang, tidak bisa secara tiba-tiba keputihan menghilang. Banyak tahapan yang harus kita lalui. Penyebab dan efek yang akan timbul dari keadaan ini harus diketahui karena bisa memberikan kemudahan untuk mengatasinya. Keputihan terbagi menjadi 2 macam yaitu keputihan normal ( fisiologis) dan keputihan tidak normal ( patologis ).

Di bawah ini adalah sedikit tips sehat mengatasi keputihan yang berguna bagi Anda, terutama kaum remaja.
Cairan yang keluar berwarna jernih, berlendir, tdak berbau dan tidak menimbulkan gatal ini dianggap dengan keputihan normal atau fisiologis.

Keputihan normal yang terjadi ini dikarenakan oleh hal di bawah ini :
a. Stress atau lagi banyak pikiran. Hal ini bisa menjadi sebab terjadinya keputihan yang di anggap normal.
b. Menjelang Haid juga bisa menimbulkan keputihan.
c. Selama kehamilan juga menjadi penyebab terjadinya keputihan.
d. kelebihan hormon estrogen.

Gejala keputihan yang dianggap tidak normal atau patologis dikarenakan oleh hal di bawah ini :
a. Terjadinya Ulkus Vagina. Ulkus Vagina merupakan cairan yang biasanya berwarna abu abu dengan garis darah, encer seperti air, keluarnya sangat banyak dan berbau busuk. Jika cairan yang keluar berwarna merah muda, cair, sangat banyak tetapi tidak berbau maka kemungkinan telah terjadi infeksi bakteri non spesifik Cara mengatasi keputihan yang sudah terinfeksi tidaklah mudah dan harus melalui rekomendasi dari dokter kelamin.
b. Infeksi karena bakteri, jamur, kuman, dll
c. endometriosis
d. kanker
e. kista, dan peyebab lainnya yang bisa menimbulkan keputihan.

Adanya jamur yang menempel pada vagina dapat mengakibatkan keputihan. Jamur yang menimbulkan keputihan adalah candida albicans. Jamur ini menimbulkan keputihan yang berupa cairan encer dan berwarna putih, baunya agak apek dan disertai rasa gatal di bagian vagina. Keputihan yang disebabkan oleh kuman atau bakteri, biasanya berbau busuk, kadang-kadang disertai nyeri di sekitar kemaluan menimbulkan rasa nyeri pada saat buang air kecil, hal ini akan membahayakan kesehatan pada organ intim.\

Kategori keputihan ada dua macam yaitu bersih dan kotor. Keputihan yang bersih disebabkan oleh rangsangan seksual, pubertas, orgasme. Sedangkan keputihan yang kotor atau berbau disebabkan oleh banyaknya organisme hidup di dalam vagina.

Cara untuk menghilangkan bau akibat keputihan dalam kategori kotor yaitu dengan cara ganti CD sesering mungkin. Seletah buang air, bersihkan pula dengan air bersih dan lap hingga kering. Gunakan antiseptik alami/buatan, bisa daun sirih atau sabun yang bisa membersihkan dan menghilangkan bau yang tidak sedap itu.

Bagaimana cara mengatasi keputihan yang sedang mengganggu? Di bawah ini ada beberapa tips mengatasi keputihan yang terjadi :
1. Jika anda lagi menstruasi pakailah pembalut yang aman dan berkualitas, bukan dari bahan daur ulang. Jika pembalut terasa sudah penuh atau tidak nyaman dan layak untuk di pakai segera di ganti dengan pembalut yang baru.
2. Pakai obat homeopati.
3. Kamu bisa lakukan pembersihan secara alami dengan menggunakan rebusan daun sirih yang sudah didinginkan sebagai air cebok.
4. Sering ganti celanadalam saat sudah terasa tidak nyaman agar tidak lembab dan bisa menimbulkan bakteri yang membuat vagina menjadi terasa gatal dan terjadi infeksi .
5. Jagalah pola makan yang baik dan kurangi mengkonsumsi buah ketimun, bengkuang, kangkung, pepaya dan pisang karena itu bisa menyebabkan keputihan anda akan semakin banyak.
Cara mengatasi keputihan di atas sangat di anjurkan untuk wanita, hal itu agar terjaga kesehatan pada organ intim wanita.


Keputihan dapat dicegah, dengan membersihkan secara rutin vagina. Namun jika keputihan terus berlanjut dan terdapat gejala-gejala di luar keadaan, dianjurkan untuk periksa ke dokter kelamin.
Itulah sekedar tips sehat cara mengatasi keputihan yang bisa saya bagikan untuk anda. Tips ini bisa Anda coba sendiri bila mengalami gejala-gejala keputihan seperti di atas. Semoga bermanfaat.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 16.25

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar