Hemofilia :: Penyebab Penyakit Hemofilia

Diposting oleh Juvida Ellena on Jumat, 20 Juli 2012

Batik Murah
Hemofilia adalah penyakit kelainan pada darah akibat gangguan pembeku darah. Penyebab penyakit hemofilia karena jumlah pembeku darah jenis tertentu kurang dari jumlah normal. Ada yang menyebutkan hemofilia adalah penyakit turunan, akan tetapi pendapat ini tidak selamanya benar karena hemofilia dapat menyerang siapa saja. Pada umumnya penyakit ini terjadi pada pria dan jarang terjadi pada wanita.

Dalam darah terdapat sel pembeku yang berperan menghentikan terjadinya pendarahan. Jika terjadi pendarahan di sekitar tubuh, sel tersebut akan menyempit perlahan dan bereaksi menghentikan keluarnya darah. Sel ini bekerja berurutan dan saling mengisi satu sama lain hingga darah berhenti. Bila pada salah satu sel yang berfungsi menghentikan darah ini tidak bekerja dengan baik, maka pembekuan darah tidak akan berjalan sempurna.
Ciri-Ciri Hemofilia

Hemofilia terbagi dalam tiga kelompok yaitu berat, sedang, dan ringan. Tanda utama pada kasus hemofilia yaitu pendarahan. Pendarahan dapat terjadi spontan tergantung pada beratnya hemofilia. Daerah yang biasanya mengeluarkan darah seperti lutut, siku, jari tangan, pergelangan kaki, dan beberapa daerah lainnya.

Hemofilia berat yaitu penderita akan lebam kebiruan meski terbentur sedikit saja, atau luka sedikit saja bisa mengeluarkan banyak darah. Hemofilia sedang yaitu pendarahan terjadi karena sebab yang jelas seperti tertusuk, kecelakaan, teriris pisau dan lain-lain. Sedangkan hemofilia ringan yaitu terjadinya kecelakaan atau benturan keras, cabut gigi, dan menjalani operasi.

Untuk mengatasi penyakit ini anda bisa mengkonsumsi makanan sehat penuh gizi, olahraga teratur, hindari olahraga keras penuh benturan dan gunakan sikat gigi yang lembut. Itulah tips sehat dan cantik alami tentang penyakit hemofilia. Jagalah kebugaran tubuh dengan memperhatikan pola makan dan hidup sehat setiap hari.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 08.57

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar