Pengertian Pergaulan Bebas

Diposting oleh Juvida Ellena on Senin, 02 Juli 2012

Batik Murah
Pengertian pergaulan bebas adalah melakukan suatu hal tanpa takut menyalahi aturan atau norma dalam kehidupan mayarakat, hukum dan agama. Pergaulan bebas sering diartikan dengan hal yang negatif atau kurang baik misalnya seperti pornografi, minuman keras, obat-obatan terlarang, seks bebas, kehidupan malam dan lain sebagainya.

Pergaulan bebas sangat dikhawatirkan oleh orang tua terjadi pada anak mereka yang tentunya akan berbahaya bagi masa depan dan kehidupan anak. Kurangnya perhatian dan penanaman nilai agama dan norma hukum sejak dini akan berdampak pada pergaulan bebas yang menyebabkan remaja mudah melakukan hubungan seks diluar nikah. Pemantauan orang tua pada anak sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan pada anak yang tentunya juga akan berdampak terhadap nama baik keluarga.

Pengawasan yang kurang optimal memicu anak terjerumus pada pergaulan bebas seperti minum minuman keras, pemakaian obat terlarang, melakukan hubungan seksual diluar nikah dan lain sebagainya. Tingginya penderita penyakit HIV/AIDS khususnya pada remaja merupakan salah satu gagalnya orang tua mengawasi anak. Pada umumnya remaja tidak mengetahui pengertian pergaulan bebas sehingga hubungan seks diluar nikah dengan bebas mereka lakukan.

Selain itu kasus aborsi yang setiap tahun terus bertambah. Ini artinya dampak pergaulan bebas harus menjadi perhatian penting baik oleh pemerintah dan orang tua. Pendidikan seks disekolah bukanlah satu cara dapat mengatasi maraknya pergaulan bebas, akan tetapi perhatian dan pengawasan yang tepat dari orang tua menjadi faktor utama agar anak tidak terjerumus pada pergaulan bebas.

Ada beberapa penyebab remaja dapat terjerumus pada pergaulan bebas diantaranya :

  1. Kurangnya faktor keimanan dan pengetahuan tentang ilmu agama.
  2. Faktor lingkungan seperti kurangnya pengawasan atau nasehat dari orang tua, saudara, kerabat, teman, tatangga dan sebagainya.
  3. Perkembangan teknologi seperti internet dan media cetak cenderung dijadikan alat untuk mencari hal yang dilarang agama dan hukum.
Selain itu model atau cara berpakaian juga merupakan salah satu faktor pemicu pergaulan bebas. Cara berpakaian yang terbuka dan mengundang nafsu bagi para pria khususnya akan menimbulkan hal negatif yang cenderung mereka melakukan hal yang dilarang agama.

Bila remaja sudah terjerumus pada pergaulan bebas, keinginan untuk hidup sehat dan cantik alami pun akan tidak pernah kita rasakan. Betapa pentingnya pengawasan dan pelajaran tentang pergaulan bebas dan bagaimana cara menghindarinya yang saat ini semakin marak terjadi. Semoga penjelasan tentang pengertian pergaulan bebas di atas dapat bermanfaat.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 11.31

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar