Manfaat Jahe

Diposting oleh Juvida Ellena on Selasa, 12 Juni 2012

Batik Murah
Minuman Jahe
Jahe merupakan tanaman rempah yang sudah tidak asing lagi untuk kita jumpai. Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh sangat beragam, tanaman ini mempunyai ciri khas tersendiri dari rempah-rempah lainnya yaitu rasanya yang pedas dan hangat untuk kita konsumsi.

Jahe adalah tanaman rimpang yang berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa pedas yang ada pada jahe tersebut disebabkan oleh senyawa keton yang bernama zingeron. Tumbuhan ini termasuk dalam suku Zingiberaceae atau temu-temuan. Jahe bisa tumbuh pada tanah yang lembab dan tidak tergenang air.

Jenis jahe yang populer dan sering kita jumpai dipasaran ada tiga, yaitu jenis jahe kuning, jahe merah dan jahe gajah/badak. Jahe kuning yaitu jahe yang sering kita gunakan untuk bumbu masakan didapur dengan warnanya yang kuning dan aromanya yang sangat tajam. Sedangkan jahe merah yaitu jahe yang mempunyai kulit warna merah, jahe jenis ini mempunyai kandungan minyak atsiri tinggi dan rasanya yang begitu pedas.

Jahe merah sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar farmasi dan jamu. ukuran rimpang tanaman ini paling kecil dari jahe lainnya dan mempunyai serat yang begitu besar. Jenis jahe yang ketiga yaitu jahe gajah/badak merupakan jahe yang mempunyai ukuran rimpang besar dan gemuk, rasanya juga tidak terlalu pedas. Warna jahe ini berwarna putih hingga kuning. Jahe gajah/badak ini sangat disukai dan ditemukan di pasaran internasional.

Manfaat jahe yang sudah kita ketahui seperti halnya dibuat sebagai bahan utama untuk membuat minuman yang berkhasiat menghangatkan badan. Selain itu manfaat jahe yang bisa kita ketahui untuk kesehatan tubuh kita yaitu untuk membuat tubuh kita perkasa. Dengan kandungan senyawa yang terdapat pada jahe tersebut memiliki sifat inklamasi yang sangat efektif untuk membangun otot. Dan dengan mengkonsumsi jahe secara teratur juga bisa menghilangkan rasa sakit pada otot sesudah melakukan latihan fisik.

Menurunkan tekanan darah tinggi bisa kita lakukan dengan mengkonsumsi jahe, membersihkan kotoran yang ada dalam tubuh. Dan mencegah penggumpalan darah dengan kandungan senyawa yang bernama gingerol.

Selain untuk kesehatan, jahe juga mempunyai manfaat untuk kecantikan para wanita. Yaitu bisa mengatasi masalah jerawat, jika anda mempunyai jerawat bisa mengkonsumsi jahe tersebut dengan ukuran konsumsi sekitar 4gram perhari. Jahe juga bermanfaat untuk mencegah perut buncit, mengkonsumsi jahe sebelum makan mampu mencegah terjadinya perut buncit. Hal ini dikarenakan jahe mengandung metabolisme dan memperlancar pencernaan. Dengan adanya peningkatan metabolisme tersebut, akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

Khasiat jahe untuk kecantikan sangat luar biasa, jahe bisa menurunkan berat badan. Jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah dan membakar kalori dalam tubuh. Tanaman ini mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikkan berat badan anda. Seduhan wedang jahe sangat baik bagi kesehatan dan metabolisme tubuh.

Itulah sekedar info tentang manfaat jahe yang bisa saya tuliskan untuk anda, mulailah hidup sehat dengan mengkonsumsi obat alami dari tumbuhan yang ada disekitar kita seperti halnya tanaman jahe tersebut. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 08.35

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar