Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Diposting oleh Juvida Ellena on Rabu, 23 Mei 2012

Batik Murah
 Kunyit Kuning
Manfaat kunyit beragam untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Kunyit merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita. Tanaman kunyit ini sering kita jumpai sebagai bumbu masakan di dapur. Jenis kunyit yang bisa kita ketahui seperti halnya kunyit kuning, kunyit putih, kunyit hitam.  

Kunyit kuning yaitu kunyit yang berwarna kuning dan biasanya dibuat jamu dan bumbu dapur serta pewarna kuning pada makanan. Pewarna yang berasal dari kunyit merupakan pewarna alami yang tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan kita. Khasiat tanaman kunyit sangat bagus untuk kesehatan, tanaman ini banyak dibudidayakan di indonesia sebagai tanaman obat.

Manfaat kunyit kuning yang bisa anda ketahui untuk kesehatan yaitu sebagai obat untuk memperlancar sistem pencernaan, membantu menurunkan panas pada bayi, membantu menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, memperlambat penyebaran dan pertumbuhan tumor, mencegah infeksi dan peradangan, bisa meringankan gejala rematik.

Selain itu, kunyit putih juga bermanfaat untuk kesehatan. Kunyit putih bisa kita jadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan minuman yang rasanya enak. Manfaat kunyit putih juga bisa menyegarkan tubuh kita dan pada bagian rimpang memiliki khasiat luar biasa dalam kesehatan seperti untuk mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, perut mulas, dan bengkak karena memar. Manfaat yang lain adalah sebagai obat luar, gunakan parutan rimpang kunyit putih untuk mengurap bagian tubuh yang memar, terseliuh, dan bisul yang sulit pecah. Pada rimpang induk yang telah dikeringkan boleh digunakan sebagai bedak.
Kunyit putih juga dapat mengeluarkan angin dari perut, dengan cara menyeduh serbuk kunci pepet sebanyak satu sendok teh dengan segelas air panas, lalu tutup. Setelah dingin, minum beningannya dan rasakan langsung manfaatnya.
Kunyit putih juga diyakini memiliki khasiat antikanker.  Walau begitu hanya  kunyit putih jenis mangga (Curcuma mangga) yang tumbuh terbatas di tempat yang bersuhu dingin di Indonesia, yang dapat mencegah atau mengobati kanker. Pada Kunyit putih diketahui mengandung minyak atsiri yang terdiri atas curdione dan curcumol. Khasiat Tanaman kunyit ini  bersifat antioksidan dan dapat menahan zat radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker serta dapat meningkatkan sel darah merah.
Perhatian, walaupun kunyit putih ini memiliki manfaat yang baik untuk orang normal, namun sebaiknya tidak digunakan pada anda yang sedang mengalami masa kehamilan karena dapat mengakibatkan keguguran pada janin anda.
Selain untuk mengobati berbagai macam penyakit, kunyit juga mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kecantikan. Kunyit bisa mengatasi keputihan pada wanita, memperlancar dan mengurangi nyeri saat haid serta menghaluskan kulit.
Itulah tips sehat tentang manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa saya infokan untuk anda, hangan remehkan sesuatu yang kecil karena yang besar belum tentu bermanfaat untuk kita. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 09.00

{ 3 komentar... read them below or add one }

falophi mengatakan...

great post,, tank's for share

Anonim mengatakan...

makasih atas info nya gan. yang jelas saya dah buktikan manfaat kunyit. Alhamdulillah, dalam pengkonsian pertama khasiatnya dah terasa. badan terasa lebih fit....

lanjut terus post2 nya yang bermanfaat..... cayoo!

Cara pemesanan Jeli gamat luxor mengatakan...

Terimakasih banyak atas informasinya

Posting Komentar