Khasiat Buah Delima Mengobati Diabetes

Diposting oleh Juvida Ellena on Senin, 16 April 2012

Batik Murah
Buah delima merupakan buah yang sudah dikenali oleh masyarakat luas. Salah satu khasiat buah delima adalah dapat mengobati diabetes. Penyakit diabetes, kurang darah dan rematik diyakini dapat  diatasi dengan buah delima. Untuk menjaga kecantikan kulit, buah delima juga dapat membersihkan kulit dan mengobati peradangan. 

Tanaman buah delima dapat tumbuh di kebun-kebun yang biasanya ditanam sebagai hiasan. Manfaat buah delima sebagai tanaman obat sudah diketahui sejak dulu. Disamping sebagai tanaman berkhasiat obat, buahnya juga bisa langsung dimakan dengan rasa yang lezat agak kecut. Buah ini berasal dari Timur Tengah, dan bisa tumbuh pada daerah subtropis sampai tropik. Pohon buah delima mudah tumbuh pada tanah yang gembur yang tidak terendam air dengan air tanah yang tidak dalam.
Buah Delima untuk Mengobati Diabetes dan Gangguan Jantung

Bentuk buah delima bulat, warna kulitnya beragam, seperti hijau keunguan, hijau kekuningan, putih, coklat kemerahan, atau ungu kehitaman. Keistimewaan buah delima disini yaitu berbiji banyak, kecil-kecil dan beragam warnanya. Ada yang berwarna putih, merah dan juga ada yang berwarna merah jambu dan delima ini bisa dimakan beserta bijinya.

Macam-macam buah delima ada tiga yang bisa anda ketahui, yaitu delima putih, delima merah, delima ungu. Di antara delima yang sudah saya sebutkan yang sering kita jumpai yaitu delima putih. Ciri-ciri delima putih biasanya kulitnya berwarna hijau kekuningan dan biji di dalam berwarna putih bening. Buah delima dapat dikonsumsi secara langsung, buah ini juga bisa jadikan campuran rujak buah, salad buah, dan bisa dibuat jus. Jus delima bisa anda minum dengan bijinya, karena biji delima banyak mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Khasiat buah delima untuk kesehatan sangat beragam,  seperti halnya dapat menyembuhkan gangguan pada perut, gangguan jantung, kanker, perawatan gigi, rematik, kurang darah dan penyakit diabetes. Cara memanfaatkan buah delima sebagai obat sangatlah mudah tanpa pikir panjang, seperti dalam bentuk sari buah atau bisa juga dengan cara memakan langsung bijinya, sirup, pasta atau konsentrat delima. Untuk yang sedang mencari tips kecantikan secara tradisional, manfaat buah delima juga bisa membuat tetap cantik. Delima sering dimanfaatkan untuk membersihkan kulit dan peradangan pada kulit. Jus buah delima juga bermanfaat untuk mengobati peradangan pada tenggorokan. Buah delima yang banyak mengandung antioksidan ini bisa mencegah oksidasi LDL atau kolestrol jahat dalam tubuh.

Buah delima di Asia dimanfaatkan untuk dijadikan saus yang dikentalkan. Sari buah delima sangat tinggi kandungan ion kalium (potasium), Vitamin A, E dan C serta asam folic. Biji delima yang dapat dimakan tersebut mempunyai kandungan kalium, energi dan Vit C yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Sari buah delima juga tinggi kandungan flavonoidnya yang berfungsi sebagai pencegah berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Serta mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, kanker kulit dan kanker prostat. Antioksidan yang terkandung didalamnya membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolestrol.

Itulah sekedar pengetahuan tentang khasiat buah delima serta berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya. Semoga tips sehat ini berguna bagi pembaca.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 08.47