Cara Membuat Perkedel Jagung

Diposting oleh Juvida Ellena on Rabu, 18 April 2012

Batik Murah
Perkedel Jagung
Perkedel jagung merupakan makanan paling disukai oleh saya. Selain nikmat rasanya, cara membuat perkedel jagung juga gampang. Di madura masakan ini biasanya dijadikan lauk, dan bisa di makan langsung atau dibuat camilan.

Jagung adalah bahan utama untuk membuat perkedel. Selain sehat, makanan ini juga mudah dicerna. Buah jagung sangat baik untuk kesehatan tubuh, manfaat jagung untuk kesehatan sangat banyak macamnya. Salah satu di antaranya adalah jagung sangat baik dalam mengontrol penyakit diabetes, sebagai pencegah penyakit jantung, menurunkan hipertensi dan pencegahan cacat tabung saraf saat lahir. Jagung  adalah salah satu dari sereal paling populer di dunia dan merupakan  kebutuhan pangan  pokok di banyak negara termasuk Indonesia dan bahkan Amerika Serikat.

Cara memasak perkedel jagung tidak memerlukan pemikiran panjang dan membuat pikiran kita mumet. Dibawah ini adalah langkah-langkah membuat perkedel jagung dari mulai bahan sampai cara membuatnya.

Bahan:
4 buah jagung manis (muda), sisir
2 butir telur
Minyak untuk menggoreng
1 batang daun bawang, iris halus

Bumbu yang dihaluskan:
1 sdt ketumbar
1 buah cabai merah
2 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 cm kencur
Garam secukupnya
1 sdt gula pasir
½ sdt terasi

Cara Membuat Perkedel Jagung Khas Madura:
Iris jagung dengan pisau, jagung yang sudah diiris lalu dihaluskan dengan menggunakan blender atau bisa juga dengan cara dikucek pakai cobek sesuai selera anda. Jagung yang sudah diblender dicampur dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Aduk sampai bumbunya rata dan meresap pada jagung. Setelah bumbu tercampur dengan sempurna anda bisa menambahkannya telur.
 Perkedel 
Telur dalam pembuatan perkedel jagung berfungsi sebagai perekat, supaya ketika digoreng tidak hancur dan mudah untuk diangkat. Agar terlihat cantik dan menarik selera, anda bubuhkan irisan daun bawang dan aduk sampai merata. Setelah semuanya selesai, anda siapkan wajan dan minyak goreng secukupnya. Panaskan minyak goreng, lalu tuang sedikit demi sedikit adonan perkedel jagung tadi. Bisa memakai sendok atau alat lainya yang menurut anda nyaman untuk menggorengnya.

Bentuk perkedel didalam wajan sesuai selera anda, bisa dibentuk lingkaran dan sebaginya. Jika sudah matang, angkat perkedel dan tiriskan lalu taruh pada piring. Untuk menmbah selera makan, anda bisa menghiasnya dengan berbagai sayuran. Perkedel sudah siap untuk dihidangkan.

Itulah resep makanan sehat dan cara membuat perkedel khas madura jagung yang bisa saya bagikan untuk anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 09.24

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar