Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Diposting oleh Juvida Ellena on Sabtu, 11 Februari 2012

Batik Murah
Manfaat daun sirih sungguh tidak disangka-sangka. Tumbuhan ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Di blog ini anda akan mengetahui apa sih daun sirih itu dan apa saja manfaatnya bagi tubuh kita?

Daun sirih atau dalam bahasa latin disebut (Piper Betle) adalah tumbuhan yang hidup dengan cara merambat atau menjalar pada pohon lain. Tumbuhan ini cocok hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Sirih sangat mudah kita jumpai di sekitar pekarangan rumah. Kita juga bisa menemukannya di pasar-pasar karena juga dijual ikat-ikat dengan harga murah.

Khasiat daun sirih sudah terkenal dimana-mana. Di negara maju seperti Cina tumbuhan ini sudah terbukti mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan saat ini banyak produk-produk kecantikan khususnya bagi wanita yang menggunakan daun sirih sebagai bahan utama. Daun sirih bersifat pedas, hangat, dan memiliki banyak kandungan obat seperti gula, tanin, diastase, antiseptik dan sebagainya.
Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik ini akan mengulas apa saja manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh.

1.      Menguatkan gigi dan mencegah kerusakan gigi. Orang terdahulu sering menggunakan daun sirih agar gigi mereka sehat dan kuat. Yakni dengan cara menggosokannya pada gigi. Bisa juga dikunyah dengan ditambah gambir dan kapur.
2.      Mampu menghilangkan bau mulut. Caranya ambil beberapa lembar daun sirih kemudian direbus sampai mendidih. Setelah air dingin, gunakanlah berkumur hingga 2 atau 3x sehari.
3.      Menghentikan gejala mimisan, caranya ambil selembar daun sirih. Gulung daun lalu masukkan ke dalam hidung. Putar-putarlah sambil di tekan agar minyaknya keluar.
4.      Menghilangkan bau badan. Ambil 3 atau 4 lembar daun sirih, rebus kemudian disaring. Tambahkan gula pada air agar terasa manis dan minulah hangat-hangat.
5.      Mata merah dan gatal. Cara menyembuhkannya ambil 6 lembar daun sirih kemudian rebus sampai mendidih. Gunakanlah air rebusan untuk mencuci mata. Ulangi sampai sembuh.
6.      Selain bagi manusia, khasiat daun sirih juga sudah terbukti pada hewan. Yaitu mampu membersihkan dan menyehatkan mata hewan-hewan peliharaan seperti ayam jantan, burung dara dan sejenisnya agar pandangannya tajam.
7.      Mengatasi keputihan pada wanita. Caranya rebus daun sirih 4,5 atau 6 lembar. Saring air kemudian pakailah untuk membasuh seputar kemaluan. Lakukanlah secara berulang-ulang.
8.      menyembuhkan luka bakar dengan cara memeras air daun sirih dan bubuhkan ke daerah luka bakar.
9.      Mampu menghilangkan jerawat. Caranya rebus 8 atau 9 daun sirih dan cuci muka dalam keadaan air masih hangat-hangat kuku. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari.
10.  Manfaat daun sirih yang terakhir yaitu dipercaya dapat mengencangkan kulit khususnya bagi wanita. Biasakan berendam dengan air daun sirih yang sudah direbus. Lebih baik berendam disaat air masih hangat.

Itulah beberapa manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh yang bisa saya bagikan untuk anda. Bersyukurlah atas pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa, salah satunya dengan ditumbuhkannya daun sirih di sekitar kita yang memiliki banyak khasiat.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 23.50

{ 1 komentar... read them below or add one }

rumah dijual mengatakan...

banyak juga ya manfaat dari daun sirih.

Posting Komentar