Vitamin C yang Dapat Mencegah Stres

Diposting oleh Juvida Ellena on Selasa, 23 Agustus 2011

Batik Murah
Vitamin C dapat mencegah stres. Vitamin C merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar mencapai pola hidup sehat. Sayangnya, vitamin ini tidak dapat diproduksi oleh organ tubuh secara mandiri.  Karenanya, gaya hidup modern membutuhkan asupan dari luar tubuh, baik berupa makanan, minuman maupun berupa supplemen yang kini banyak dijual. Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan, terutama buah yang agak terasa masam atau kecut dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Vitamin C berfungsi membantu produksi hormon tiroid dan metabolisme dari foilic acid, tynosine dan tryptophan, kemudian melepaskan hormon norepinephrine dan epinephrine yang merupakan pemicu munculnya stres. Dengan mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup dan berkelanjutan (kontinyu) dapat menekan jumlah hormon norepinephrine dan epinephrine. Ini berarti kemungkinan terkena stres semakin kecil.

Untuk mendapatkan vitamin C, saat ini, tidak sulit. Berbagai produk makanan dan minuman dengan kandungan vitamin C banyak dijual di pasaran. Ada juga yang menawarkan soft drink, supplemen, dan makanan ringan yang dalam iklan dikatakan memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi.  Kendati demikian, menurut para pakar gizi, cara yang paling aman adalah dengan menkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C seperti, jeruk, mangga tomat, dan sayur-sayuran segar.

Pola makan manusia modern yang super sibuk saat ini, tampaknya berakibat kebutuhan vitamin C tidak tercukupi. Seringkali kita lebih memilih makanan instan dan minuman sari buah instan yang memiliki kandungan vitamin C lebih rendah dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran. Untuk mengatasi hal ini diperlukan supplemen agar kebutuhan vitamin C tercukupi.

Supplemen vitamin C biasanya berupa tablet hisap atau semacam tablet yang dicemplungkan ke dalam segelas air lalu diminum. Pada sebagian orang yang mengalami gangguan lambung, vitamin C biasanya harus melalui injeksi karena jika dikonsumsi secara langsung akan mengganggu kesehatan lambung.

Selama ini, bagi mereka yang selalu menjaga cara hidup sehat, vitamin C juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk menjaga kecantikan dan kebugaran tubuh. Disamping itu, vitamin C ternyata juga dapat mencegah terjadinya stres. Mudah-mudahan tips sehat ini ada manfaatnya.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 05.51

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar