Manfaat Buah untuk Kecantikan

Diposting oleh Juvida Ellena on Sabtu, 02 April 2011

Batik Murah
Manfaat buah untuk kecantikan sudah kita ketahui bersama. Sayangnya, kita sering lupa dan lebih memilih bahan kimia untuk merawat kecantikan wajah maupun tubuh. Manfaat yang kita peroleh jika rajin mengkonsumsi buah-buahan akan terlihat lebih cantik alami. Buah-buahan tropical selain menyegarkan juga menyehatkan tubuh. Tak harus mahal, toh banyak juga buah-buahan yang murah harganya namun memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Makan buah dan sayuran merupakan cara hidup sehat yang menunjukkan trend gaya hidup modern.

Inilah beberapa manfaat buah yang bisa anda pakai untuk mendapatkan kecantikan alami.

Buah Pepaya
Buah berwarna orange ini kaya akan zat papain, sebagai enzim pencerna yang membantu memecah protein yang tak bisa dicerna. Kandungan enzimnya juga membantu memecah plak yang tertimbun di gigi sehingga mencegah gigi berlubang. Di samping itu juga membantu menghilangkan kelebihan mucous sehingga membantu mengatasi hidung meler. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada papaya juga berkhasiat bagi kecantikan kulit karena mampu menghaluskan kulit dan membuatnya tampak bercahaya. Selain itu, papaya juga dapat membantu mencegah konstipasi karena dengan mengkonsumsi papaya BAB pun jadi lancar.
Namun saya yakin bahwa ngga semua orang suka akan papaya, terutama dengan baunya itu. Pengalaman saya ketika KKN, 3 dari 7 anggota kami ngga suka n ngga doyan makan papaya lantaran baunya yang menurut mereka aneh. Padahal menurut saya, pepaya itu enak dan baunya biasa aja. Hmmm,,kalo sudah begitu maka musti pintar2 mengakali agar bisa doyan makan papaya. Misalnya dengan dibuat jus dicampur dengan sirup ato buah2 yang laen sehingga bau asli papaya dapat hilang dan rasanya pun lebih enak. Kan sayang tu kalo kita sampe ngga doyan papaya.
Buah pisang
Buah yang berwana kuning ini (kalo pisang ambon = hijau kekuningan) dapat menguatkan lapisan perut dan membantu menurunkan kolestreol. Pisang mengandung antibiotik alamiah yang membantu melindungi dari infeksi. Selain itu, pisang ukuran sedang memberikan separuh AKG potassium yang sangat penitng untuk tekanan darah dan jantung sehat. Kandungan Vit B6-nya membantu mengatur hormon dan meredakan sakit perut menjelang menstruasi, sebagai probiotik di dalam tubuh yang membangun dan mensupport kadar bakteri untuk menjaga pencernaan dan menurunkan bakteri patogen yang menggangu pencernaan.
Selain berkhasiat bagi kesehatan, pisang juga berkhasiat untuk kecantikan yakni dapat menghaluskan kulit wajah. Pisang dapat digunakan sebagai masker wajah dengan cara dihaluskan ato dilumatkan terlebih dahulu dan dicampur dengan putih telur.
Nah banyak banget kan khasiat pisang,, jadi ngga ada salahnya kalo kita sering2 mengkonsumsi pisang.

Buah apel
Mengandung bioflavonoid yang disebut quercetin yang dapat melindungi paru-paru dari asap rokok. Riset di Beijing membuktikan keluarga yang teratur mendapatkan sejumlah quercetin dalam makanan mereka, 20% lebih kecil terkena kanker. Buah apel juga mengandung pectin alamiah yang menghambat absorsi lemak mengurangi keinginan ngemil. Makan tiga apel tiap hari dapat menurunkan berat badan tiga pon dalam seminggu (**tips sehat buat diet ni!!). Sebuah apel juga mengandung antioksidan dan 1500 mg vitamin C yang menyebabkan radikal bebas mulai dari kerut dan penyakit jantung dan membuat awet muda.
Buah jeruk
Buah ini kaya akan kandungan vitamin C untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh; mengandung Folacin untuk pembentukan sel darah merah pengangkut oksigen; mengandung pectin serat yang larut dan memperlambat absorsi makanan dan mampu mengeluarkan racun dalam tubuh; berkhasiat mencegah kanker berkat minyak dalam kulitnya.
Buah semangka
Satu golongan dengan melon dan mentimun, buah ini selalu menjadi pilihan untuk melepas rasa haus ketika terik matahari menyengat. Buah semangka juga menjadi komponen utama dalam berbagai menu makanan maupun minman khususnta es buah. Hmmmm,,,segaaaar ^^.
Semangka memiliki kadar likopen yang tinggi yang dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat. Selain itu, semangka juga dapat mengatasi penimbunan cairan saat menjelang menstruasi. Semangka mengandung vitamin C, beta caroten dan potassium yang mempunyai peran penting dalam sistem saraf, jantung, otot, ginjal dan sistem peredaran darah.  Kandungan kalorinya yang rendah dan dapat dicerna dengan cepat di usus berkhaisat dalam proses diet karena meskipun kalorinya rendah, buah ini membuat kita terasa kenyang saat mengkonsumsinya karena kandungan airnya yang tinggi.

Buah Tomat
Tomat mengandung vitamin A, B1 dan C yang  dapat membantu membersihkan hati dan darah kita. Selain itu, tomat dapat mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti : gusi berdarah,rabun senja, penggumpalan darah, usus buntu, kanker prostat dan kanker payudara.
Selain berkhasiat untuk kesehatan, tomat juga berkhasiat untuk kecantikan yakni kandungan likopennya yang tinggi dapat menghaluskan kulit jika kita rajin mengkonsumsinya setiap hari. Tomat juga dapat digunakan untuk masker sehingga kulit wajah akan terasa halus, lembab dan kencang.

Jambu biji merah
Buah ini mengandung vitamin C yang sangan banyak dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Jambu biji merah memiliki kegunaan/fungsi kesehatan diantaranya menurunkan kadar kolesterol darah, mengobati infeksi mencegah dan mengobati sariawan, memperlancar peredaran darah, melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi. Dan yang paling penting adalah anti kanker.
Mengkonsumsi jambu biji selain dengan cara dimakan langsung, dapat juga dilakukan dengan cara dijus dan dikonsumsi sehari minimal 1x. Itulah yang rutin dilakukan ibu saya setiap hari. Kalo saya, kadang masi males2an kalo mo ngejus..hehe. **saya lebih seneng mengonsumsi tomat secara langsung,,tiap hari lho ^^
Naaaaaaaaaah,, selain buah-buahan tersebut di atas sebenernya masih banyak lagi yang juga kaya akan khasiat baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Diantaranya strawberry, melon, nanas, belimbing, wortel, mangga dan buah pir.

Mengingat besarnya khasiat dan manfaat buah2an tersebut, rugi de kalo kita ngga mengkonsumsinya…Apalagi bagi yang ngga doyan buah,,hmmm sayang sekali de.. Mule sekarang, rajin2 de kita mengkonsumsi buah2an,,Sehat dan Cantik pun kita dapatkan.Tips sehat tentang manfaat buah ini semoga berguna agar kita selalu menjaga cara hidup sehat.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 00.01