Fungsi Protein :: Makanan Yang Mengandung Protein

Diposting oleh Juvida Ellena on Senin, 28 Mei 2012

Batik Murah
Makanan Mengandung Protein
Fungsi Protein sangat penting bagi tubuh. Selain berfungsi untuk kekebalan tubuh, juga berperan penting membentuk batang dan sendi otot. Kita diharuskan mengkonsumsi makanan mengandung protein agar asupan gizi dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

Protein berasal dari bahasa Yunani yaitu “Protos” yang berarti paling utama. Protein adalah senyawa organik mengandung asam amino atau enzim dan memiliki banyak atom yang berperan penting dalam fungsi dan penyusun utama pembentukan semua sel makhluk hidup.

Sumber protein bisa kita dapat dari susu, daging, telur, ikan, kentang, biji-bijian dan sebagainya. Protein yang berasal dari tumbuhan disebut protein nabati dan yang berasal dari hewan disebut protein hewani. Kedua sumber protein ini sama-sama dibutuhkan tubuh.
Fungis protein antara lain sebagai berikut :
  1. Membentuk dan mengganti sel jaringan tubuh.
  2. Menjaga kekebalan tubuh.
  3. Sumber gizi dan kalori.
  4. Membangun terbentuknya enzim, air susu, hormon, asam amino dan vitamin penting lainnya bagi tubuh.
  5. Penyeimbang kadar asam basa dalam sel.
Kekurangan protein bisa ditemui pada rambut rontok, 90 persen rambut terdiri dari protein yang disebut keratin. Selain itu akibat kekurangan protein juga bisa berdampak bahaya seperti busung lapar, ganguan pertumbuhan dan lain-lain. Protein tinggi sangat diperlukan oleh wanita yang sedang hamil, pekerja keras, olahragawan dan lain-lain.

Tips pola hidup sehat di atas diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Setelah mengetahui fungsi protein, kita jaga asupan protein dalam tubuh agar tetap tercukupi.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 15.11

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar