Manfaat Kemangi: Mengatasi Perut Kembung dengan Daun Kemangi

Diposting oleh Juvida Ellena on Jumat, 17 Februari 2012

Batik Murah
Daun Kemangi
Manfaat daun kemangi sangatlah baik untuk keshatan tubuh kita. Daun kemangi merupakan tanaman yang mudah kita temukan disekitar tempat tinggal kita, di pekarangan juga di pasar banyak yang menyediakan untuk dijual. Memanfaatkan lingkungan untuk hidup sehat adalah hal yang diutamakan saat ini. Di mana ada penyakit di situ pula ada obatnya. Obat yang ampuh dengan memanfaatkan tumbuhan yang ada di sekitar rumah salah satunya adalah daun kemangi yang memberikan efek sangat bagus untuk tubuh.

Memanfaatkan daun kemangi dalam kehidupan sehari-hari bukan hal yang asing lagi buat kita, Daun kemangi sangat mudah kita jumpai. Daun ini bisa dibuat lalapan, dengan baunya yang khas dan juga menyimpan bermacam manfaat.

Daun kemangi mengandung betakaroten (provitamin A) dan vitamin C. Betakaroten berperan mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibodi (memengaruhi fungsi kekebalan tubuh), sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan, dan sebagai antioksidan. Khasiat daun kemangi untuk kesehatan sangat banyak.

Secara tradisional daun kemangi digunakan untuk mengatasi perut kembung/masuk angin dan deman pada anak balita. Caranya, daun kemangi diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, kemudian dioleskan ke perut, dada, dan punggung. Adapun khasiat daun kemangi lainnya yaitu untuk mengatasi bau mulut, bau badan, dan memperlancar ASI bagi ibu menyusui. Aroma daun kemangi juga bisa digunakan sebagai obat nyamuk

Daun kemangi juga dimanfaatkan untuk dibuat minyak. Aroma daun kemangi yang sudah dijadikan minyak baunya bisa bertahan dalam waktu lama. Minyak kemangi atau minyak atsiri bermanfaat untuk menyegarkan tubuh dan meringankan rasa sakit sehingga sangat baik digunakan sebagai minyak pijat aroma. Minyak atsiri ini tidak boleh digunakan untuk ibu hamil karena resikonya sangat fatal, bisa keguguran.

Selain manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat daun kemangi, termasuk mengatasi masalah radang lambung, saluran pencernaan, muntah, infeksi usus, sakit kepala, dan demam. Menurut para ahli kejantanan, daun kemangi berkhasiat juga untuk membantu mengatasi ejakulasi dini. Sat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang terkandung dalam daun kemangi sangat baik untuk memproses zat arginin dan membuat ereksi lebih mudah.

Daun Kemangi
Bagi wanita, kemangi termasuk makanan sehat yang sangat bermanfaat. Kemangi kaya akan senyawa anetol dan boron yang merangsang hormone estrogen, sedangkan senyawa eugenolnya dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Zat stigmasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel (ovulasi), janin dan sengnya mengurangi sekresi cairan vagina. Zat triptofan yang terkandung dalam kemangi bisa menunda monopouse. Kemangi memang bukan sayuran sembarangan.

Itulah sekedar berbagi tips sehat tentang manfaat daun kemangi dan khasiat yang terkandung di dalamnya. Hidup sehat dengan memanfaat tumbuhan alam sangatlah baik. Tanpa mengeluarkan uang banyak dan tidak mengkonsumsi obat kimia adalah dambaan semua orang. Ada yang alami ngapain cari yang kimia ? Ya, kan. Ya, toh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 16.17

{ 2 komentar... read them below or add one }

Ainul Mahrus mengatakan...

Emang makan pecel lele kurang afdhol alias kurang lengkap tanpa daun kemangi.
Setelah itu, dilanjut dengan minum KOPI SIAGA, kopi sahabat pria yang sangat disukai wanita. www.kopisiaga.com

Tips Sehat mengatakan...

@ ainul mahruz, betul..betul. kemangi memang mantabz dibuat lalapan! dan terimakasih Mas sudah berkunjung ke blog saya. moga tambah sukses

Posting Komentar