Sembuhkan Diabetes, Keputihan, Diare, Sakit Maag, dan Luka dengan Jambu Biji

Diposting oleh Juvida Ellena on Sabtu, 11 Juni 2011

Batik Murah
Daun jambu biji atau jambu kluthuk
Jambu biji atau sering juga disebut jambu kluthuk yang nama latinnya Psidium  Guajava sudah lama dimanfaatkan untuk penyembuhan alternatif secara tradisional. Berbagai penyakit dapat disembuhkan dengan daun maupun buah jambu biji ini, antara lain: diabetes, keputihan, diare, sakit maag, luka, sariawan, perut kembung, sering buang air kecil (beser), dan untuk menyembuhkan penyakit kulit.




Jambu biji adalah salah satu tanaman herbal buah jenis perdu, dalam bahasa Inggris disebut Lambo Guava. Tanaman ini berasal dari Brazilia Amerika Tengah, menyebar ke Thailand kemudian ke negara Asia lainnya seperti  halnya di negara Indonesia. Jambu biji australia diintroduksi dari Australia. Kekhasannya adalah daunnya berwarna merah keunguan. Walaupun buahnya dapat dimakan, biasanya orang menanam di pekarangan lebih sebagai tanaman hias. Buahnya manis bila sudah masak, tetapi tawar bila belum matang.
Kandungan Zat yang Ada dalam Daun Jambu Biji
Jambu biji merah
Daun jambu biji mengandung tanin yang bersifat astringent yang bermanfaat sebagai antidiare. Selain itu, juga mengurangi kontraksi usus sehingga menghentikan diare. Kandungan minyak atsiri pada daun jambu biji yang antara lain zat avikularin dan guaijaverin yang sifatnya anti bakteri. Buah jambu biji banyak mengandung vitamin C sehingga membantu mencegah pertumbuhan penyakit. Kandungan pektinya dapat menurunkan kolesterol.
Berikut ini merupakan kegunaan daun dan buah jambu biji dan cara pemanfaatannya.
  1. Keputihan
Ambillah 2 genggam daun muda jambu biji dan 7 helai daun sirih dicuci, direbus dengan segelas air. Tunggu agak dingin baru diminum. Ramuan ini cukup untuk 2x sehari.
  1. Sakit maag
Ambil 8 helai daun jambu biji dicuci. Rebus dengan 1,5 liter air. Air rebusan ini untuk diminum 3x sehari.
  1. Luka
Ambil 3 pucuk daun jambu biji dicuci lalu dikunyah sampai lumat. Tempelkan lumatan tersebut pada luka. Kandungan astringent pada jambu biji mempu menghentikan pendarahan.
  1. Sariawan
Segenggam daun jambu biji dan 1 jari kulit batang daun jambu biji dicuci. lalu direbus dengan 1 liter air. Saring. Tunggu agak dingin lalu diminum sekaligus.
  1. Diabetes
Ambillah 1 buah jambu biji yang masih  setengah masak dicuci, dibelah-belah lalu direbus dengan 1 liter air. Air rebusannya untuk diminum 2x sehari.
  1. Perut kembung pada anak
Ambillah 3 helai daun jambu biji, 2 cm kulit batang pulasari, 5 butir adas direbus dengan 1,5 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 3x sehari. Anak di bawah 3 tahun 1 sendok makan, diatas 3 tahun 2 sendok makan.
  1. Diare
Ambillah 6 Helai daun jambu biji dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi 1 cangkir air matang. Peras. Airnya diminum. Ramuan ini cukup untuk diminum 2x sehari.
  1. Sering Buang Air Kecil (beser)
Ambil 3 pucuk daun jambu biji dicuci, dilalap dengan sedikit garam dan sedikit merica, dimakan setiap siang dan malam selama 2 hari.
Jambu Biji Putih
Itulah di antara beberapa penyakit dan gangguan kesehatan yang dapat diatasi dengan ramuan herbal daun dan buah jambu biji. Semoga bermanfaat.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 18.36

{ 2 komentar... read them below or add one }

Turun Berat Badan mengatakan...

jambu biji ternyata dapat mengatasi keputihan,,
sangat praktis dan hanya untuk diminum,,
rasanya pun tak seperti jamu,,
okeeyy,

Rahasia Sehat mengatakan...

Oke, gan. trims kunjungannya dan SUKSES BISNISNYA

Posting Komentar